Prosesor Intel Core i7 merupakan keluaran prosesor terbaru, namun prosesor baru ini menawarkan beberapa fitur baru, antara lain kendali memori yang terintegrasi dan moda Turbo baru. Hyperthreading juga muncul kembali, menambahkan empat inti virtual ke empat inti fisik yang ada di CPU Core i7. Karena harganya yang terbilang masih selangit, sebagai contoh Intel Core i7 920 4 2.66GHz denga cache 8MB FSB 2400MHz 130W dilepas kepasaran dengan harga $284, membuat berbagai produsen ‘nakal’ memanfaatkan keadaan ini.

Produsen chip Intel membenarkan adanya prosesor Core i7 palsu yang dijual melalui gerai ritel online Amerika Utara, Newegg. Menurut situs HardOCP, Newegg membeli 300 prosesor palsu dari D&H Distributing dan … produk-produk palsu itu dikirimkan minggu lalu dengan total pengiriman berjumlah 2000 unit.”
“Intel telah dibuat sadar akan adanya paket i7-920 palsu di pasar dan sedang menyelidiki berapa banyak dan/atau di mana mereka dijual. Contoh-contoh yang kami lihat bukanlah produk Intel, tetapi hasil pemalsuan. Para pembeli sebaiknya menghubungi tempat pembelian untuk minta ganti dan/atau menghubungi lembaga penegak hukum setempat jika tempat pembelian itu menolak memberikan bantuan,” kata Intel kepada The Inquirer di Inggris.

Produk palsu Intel itu pertama kali dilaporkan keberadaannya oleh situs Hard OCP Jumat lalu. Salah satu anggota mereka mem-posting gambar dari chip Intel Core i7-920 yang dibelinya melalui Newegg.

Anggota forum Overclocker juga melaporkan masalah yang sama, mem-posting gambar dari “factory sealed” yang dicetak di kotak itu di bawah stiker segel pabrik yang palsu. Kedua anggota forum itu juga melaporkan kesalahan eja di kemasan dan juga manual instruksi yang kosong.

Newegg kemudian merilis pernyataan pers yang menyarankan bahwa masalah itu berasal dari kesalahan kirim. “Newegg menyadari kesalahan kirim yang terjadi pada pesanan tertentu CPU Intel Core i7-920. Setelah menyelidiki masalah secara internal, kelihatannya mitra jangka panjang kami secara keliru mengirimkan sejumlah kecil produk demo dan bukannya unit yang berfungsi.”
Newegg juga menyebutkan bahwa mereka telah menukar semua prosesor palsu yang dikirimkan dengan produk asli Intel. Mereka juga menegaskan bahwa pemasok yang bersalah itu bukanlah D&H Distributing, tetapi pihak lain.

Sumber: PCplus

0 komentar:

Poskan Komentar