Melalui folder-sharing tersembunyi, seseorang dapat membaca hard disk atau mengakses printer Anda melalui account administrator yang dibuat Windows. Pengguna Windows XP Pro yang tidak berbagi PC dengan orang lain dan sama sekali tidak ingin datanya diakses orang lain, dapat mematikan folder tersebut untuk mencegahnya.
Klik 'Start | Control Panel | Administrative tools' lalu klik ganda 'Computer management'. Di bawah 'Shared Folders | Shares' Anda akan menemukan semua drive, account adminstrator yang dibuat Windows, printer/fax-sharing, dan IPC yang memungkinkan komunikasi antar-program jaringan melalui koneksi jarak jauh (remote). Tanda $ di belakang folder menunjukkan bahwa sifat sharing-nya tersembunyi. Klik kanan 'C$' lalu pilih 'Disable Sharing' untuk mematikan sharing ke drive C:. Ketika Windows meminta konfirmasi, klik 'Yes'. Lakukan hal yang sama untuk sharing yang lainnya.
Perhatian! Pengguna lain dalam jaringan tidak lagi dapat mengakses data yang terdapat di drive C: dan drive lain yang Anda matikan. Akhiri sharing hanya jika PC Anda bukan merupakan bagian dari sebuah jaringan atau jika Anda sama sekali tidak mengijinkan orang lain mengakses hard disk Anda.
Satu-satunya sharing yang tidak dapat Anda singkirkan adalah 'IPC$'. Ini mengesalkan, karena justru melalui Inter Process Communication (IPC) ini PC lain dapat mengontak PC Anda. Dengan tips di atas Anda hanya dapat mencegah akses ke drive, tetapi tidak ke PC-nya itu sendiri.
Setelah mematikan sharing, keluar dari 'Computer management'. Agar Windows tidak


Sumber: PCplus

0 komentar:

Poskan Komentar