Santiago Xinhua-OANA - Gempa susulan terjadi lagi dan kali ini mengguncang kawasan Concepcion, Chile pada Jumat 03/05/2010.

Pada hari jum'at Badan Survei Geologi AS melaporkan, Gempa kuat itu mengagetkan warga dan berlarian keluar rumah, berhamburan ke jalan-jalan di kota sebelumnya diguncang gempa dahsyat pada akhir pekan lalu.

Serentetan gempa susulan yang menghantam negara Amerika Selatan itu terjadi sejak gempa hebat berkekuatan 8,8 skala Richter pada Sabtu (27/2) pekan lalu.

Gempa Susulan 6,3 SR Guncang Chile, Warga Panik
Jumat, 5 Maret 2010 19:13 WIB | Mancanegara | Amerika | Dibaca 405 kali
Santiago (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Gempa susulan berkuatan 6,3 skala Richter kembali mengguncang kawasan Concepcion, Chile pada Jumat, Badan Survei Geologi AS melaporkan, Jumat.

Gempa kuat itu mengagetkan warga dan berlarian keluar rumah, berhamburan ke jalan-jalan di kota sebelumnya diguncang gempa dahsyat pada akhir pekan lalu.

Serentetan gempa susulan yang menghantam negara Amerika Selatan itu terjadi sejak gempa hebat berkekuatan 8,8 skala Richter pada Sabtu (27/2) pekan lalu.

Bahkan, gempa susulan pada Rabu lalu berkekuatan antara 6,0 skala Richter sempat diperingatkan terjadi tsunami, yang menimbulkan kepanikan warga di sepanjang pesisir pantai negara itu.

Namun, belakangan pihak berwenang Chile mencabut peringatan tsunami itu.

Kendati demikian, kebanyakan warga di sana mengatakan mereka masih memilih untuk bertahan di luar rumah pada beberapa hari berikutnya, karena takut terhadap gempa susulan.

Gempa susulan dengan kekuatan 6,0 pada skala Richter mengguncang Maulee, sekitar 115 kilometer dari Concepcion, yang paling parah terpengaruh gempa berkekuatan 8,8 pada skala Richter pada penghujung Februari.

Sebelumnya, Presiden Chile Michelle Bachelet memperkirakan bahwa jumlah korban jiwa akibat gempa pada Sabtu itu lebih dari 800 orang.

Pernyataan Bachelet mengkonfirmasi beberapa laporan setempat yang menyatakan jumlah korban jiwa mungkin lebih banyak di Constitucion. Menurut sebagian laporan awal setempat, jumlah korban hilang mencapai 500 di Constitucion saja.

Sumber: http://www.antara.co.id/berita/1267791235/gempa-susulan-6-3-sr-guncang-chile-warga-panik

0 komentar:

Poskan Komentar