Jika kamu khawatir dengan keamanan email, postingan ini merupakan panduan langkah demi langkah untuk membantu kamu memeriksa dan menentukan apakah akun Gmail Kamu telah hacked atau telah digunakan dengan cara apapun....

Langkah 1: Tentukan "Bagian Akun Aktivitas Terakhir Inbox Kamu


Di bagian bawah kotak masuk Gmail Kamu ada bagian 'Akun Aktivitas Terakhir'. Klik 'detail' untuk memulai monitor aktifitas akun gmail kamu secara penuh.

Langkah 2: Mencari tau siapa aja yang mengakses akun Gmail kamu terakhir kalinya



Selanjutnya, apa yang akan Kamu lihat adalah tabel aktivitas paling baru dari akun Gmail Kamu. hal tersebut menunjukkan apa yang telah terjadi pada akun gmail kamu pada aktifitas terakhir dari penggunaan akun gmail kamu.

* Bagaimana dan Darimana akun kita diakses (Browser / etc mobile)
* Alamat IP yang benar-benar valid (Jadi Kamu bisa melakukan penggalian lebih lanjut)
* Kapan akun kita diakses

Langkah 3: Memahami alamat IP - Apakah Akun Gmail Kamu Benar-benar Telah diHack?


Jika Kamu melihat alamat IP dari negara yang berbeda, jangan terlalu cepat panik. Jika Kamu menggunakan layanan pihak ke-3 yang hook-up ke akun Gmail Kamu, mereka hampir pasti akan muncul dalam log aktivitas Kamu. Untuk melakukan penyelidikan Kamu sendiri, Kamu dapat menggunakan DomainTools untuk mengidentifikasi alamat IP. Ini akan membantu Kamu membedakan aktivitas normal dan akun Gmail yang telah dihack.

Langkah 4: Memahami Suatu Peringatan - cara Google menyoroti aktivitas yang mencurigakan


Google juga akan melakukan pemantauan pada akun gmail kita, dan juga akan memberi peringatan pada kamu jika melihat aktivitas yang mencurigakan termasuk dalam kotak masuk (inbox) kamu, serta log aktifitas terbaru Kamu. Bila ini terjadi, dan alamat IP terlihat mencurigakan, disarankan untuk bermain aman, akun Gmail kamu akan dianggap telah dihack, dan dengan peringatan dari google tersebut segeralah mengubah password akun gmail kamu.

Langkah 5: Sign Out dari semua sesi - Jika Kamu lupa untuk sign out dikomputer yang bersifat umum


Jika Kamu khawatir Kamu tidak tidak sign out dari komputer umum (seperti warnet, kantor, sekolah, tempat kursus atau lainnya), Kamu dapat 'sign out dengan komputer berbeda ditempat lain. Mungkin ini tidak akan memperbaiki apapun terhadap akun Gmail yang telah dihack, tetapi akan menghindarkan segala kesalahan dari cerobohan yang dilakukan. Hal ini juga berguna jika kamu kebetulan kehilangan ponsel kamu dan kamu ingin memastikan email Kamu tidak dibaca oleh orang lain.

Langkah 6: Apa yang harus dilakukan jika akun Gmail Kamu benar-benar telah hacked

Hal pertama yang Kamu lakukan adalah mengubah password kamu dan pertanyaan keamanan (additional security) segera serta pastikan bahwa password yang kamu buat benar-benar aman. Google sendiri memiliki beberapa tips yang benar-benar baik. Sebagai contoh dalam kasus pertanyaan keamanan:

* Pilih sebuah pertanyaan yang hanya kamu yang tahu jawabannya - pastikan pertanyaan tidak terkait dengan password Kamu.

* Pilihlah pertanyaan yang tidak bisa dijawab melalui penelitian (misalnya, menghindari nama gadis ibu Kamu, tanggal lahir Kamu, nama depan atau nama terakhir, nomor jaminan sosial Kamu, nomor telepon Kamu, nama binatang peliharaan Kamu, dll).

* Pastikan jawaban kamu mudah diingat, tapi tidak mudah ditebak. Gunakan jawaban yang merupakan kalimat lengkap untuk keamanan bahkan lebih.

Sebuah panduan langkah demi langkah tentang pemahaman penuh log (history) aktivitas akun Gmail, dan bagaimana untuk memeriksa apakah akun Gmail Kamu telah dihack

Semoga Bermanfaat

Sumber: http://www.friedbeef.com

0 komentar:

Poskan Komentar