Kembali lagi dengan postingan seputar tips n trick ponsel diblog ini, kali ini saya membahas tips untuk mengihlangkan virus pada ponsel nokia yang pada postingan sebelumnya membahas tips memperbaiki kerusakkan software pada ponsel Sony Ericsson...Seperti yang kita tau, Handpone Nokia merupakan handpone yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, mulai dari kelas low-end, mid-end sampai high-end. Dalam postingan ini saya akan mencoba memberikan trik untuk membersihkan virus pada ponsel nokia symbian v.60 baik versi symbian 1st edition atau symbian 60 2nd edition, contoh type ponsel nokia ini seperti: Nokia 3230, 3650, 3660, 6600, 7610, 7650, N70 dan type lainya yang menggunakan system versi symbian 60 karena pada umumnya, banyak kasus pada type-type ponsel ini terserang virus...

Adapun varian virus yang menyerang nokia symbian v.60, seperti: Appdisabler, Cardtrap, RommWar, PBStealer, Virus beseko, Cabir, Locknut, Comwarior, Skulss, Doomboot, dll.

Ciri-ciri ponsel nokia yang terserang virus ini antara lain:
- proses loading ponsel kamu lebih terasa lambat
- Beberapa aplikasi tidak bisa dijalankan
- Blutooth ponsel kamu selalu pada posisi aktif dan mengirim suatu file dengan sendirinya ke ponsel lain yang juga blutoothnya dalam keadaan aktif (file tersebut lebih cenderung merupakan file virus)
- Ponsel nokia kamu sering melakukan restart dengan sendirinya
- Baterai ponsel kamu terasa lebih cepathabis
- Ponsel nokia kamu dengan sendirinya mengirim sms ke sembarang nomor yang ada pada phonebook kamu dan mengirim berulang-ulang, dengan dampak kartu simcard kamu diblokir oleh indosat sehingga kamu tidak dapat mengirim sms (hal ini sering terjadi jika kamu menggunakan operator Indosat).

Berbagai varian virus dan dampak yang ditimbulkan oleh aktifitas virus tersebut dapat kita hilangkan (musnahkan) dengan melakukan flashing atau lebih familiarnya memprogram ulang ponsel nokia kamu

Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan virus pada ponsel nokia symbian v.60 dengan proses flashing:
Untuk langkan awal sangat disarankan kamu mem-backup semua data-data penting yang ada diponsel kamu, seperti phonebook, file musik, file video, file gambar, dan data lainnya yang tersimpan di ponsel kamu yang kamu anggap penting, karena proses flashing ini akan menghapus seluruh data yang ada didalam ponsel kamu.

Backup data-data pada ponsel kamu dapat dilakukan dengan cara:

1. meng-copy (menyalin) semua nomor-nomor phonebook yang tersimpan dimemori telepon ke memori simcard
2. Copy (Salin) file data foto, gambar , audio file , video ke komputer.
3. Lepaskan MMC atau memory card dari ponsel dan copykan ke komputer.

Jika semua data penting kamu sudah kamu backup seluruhnya, selanjutnya ikuti langkah proses flashing dibawah ini

Langkah-langkah Flashing:

1. Matikan handphone anda
2. Ganti SIMCARD dengan SIMCARD yang tidak terpakai.
3. PAstikan Baterai anda terisi penuh (minimal 50% terisi full).
4. lalu tekan tobol beriku ini secara bersamaan : 3 (angka3) , * (tombol bintang), call (tombol panggil) dan tombol on/off handphone anda. (sebaiknya anda melakukan langkah ini dengan 2 orang bila terjadi kesulitan dalam menekan tombolnya)
5. Tahan tombol tersebut sampai keluar tulisan formating, atau sampai keluar menu Time Zone area (untuk nokia N70)
6. Setelah keluar menu tersebut lepaskan tombol-tombol tersebut dan biarkan proses berjalan.

Setelah proses tersebut selesai maka ponsel kamu sudah seperti ponsel baru lagi dan tentunya ponsel kamu sudah terbebas dari virus yang sebelumnya menyerang ponsel kamu.

Bila langkah ini tidak berfungsi coba ulangi lagi, atau untuk ponsel type tertentu silahkan ketik *#7370# setelah itu masukan no pin ponsel anda (PIN default 12345)

Formating MMC

1. Pastikan data foto,video, audio(musik) sudah anda copy ke hardisk komputer.
2. Format MMC anda dengan munggunakan komputer dengan system Fat, Quick Format
3. Masukan MMC handphone anda ke handphone dan format sekali lagi MMC dengan menggunakan Handphone

Penyimpanan kembali Data yang telah dibackup

1. Masukan kembali SIMCARD anda dan masukan kembali no.telepon yang tersimpan pada SIMCARD
2. Masukan kembali file gambar, foto, audio, video pastkan file tersebut aman dari infeksi virus dengan menggunakan anti virus komputer yang bisa mengenali virus symbian seperti anti virus komputer AVAST bisa download di www.avast.com
3. Untuk aplikasi tambahan sebaiknya anda melakukan instalasi ulang aplikasi tersebut.

Perhatian: Penulis terbebas dari tanggung jawab (tuntutan) atas segala dampak yang ditimbulkan dari praktik berdasarkan postingan ini, baik kegagalan ataupun lainnya yang mengakibatkan kerugian pada diri anda. Postingan ini hanya bertujuan mencoba berbagi pengetahuan yang mungkin berguna bagi kamu..

Semoga Bermanfaat

Sumber: forumkami.com

0 komentar:

Poskan Komentar