Menjaga privacy file pribadi, mungkin itu yang kita butuhkan. Terlebih jika komputer yang kita gunakan merupakan komputer publik atau dengan kata lain tidak hanya kita saja yang menggunakan komputer tersebut. Memang ada banyak cara untuk menyembunyikan file-file pribadi kita seperti menyebunyikan data dalam sebuah file gambar atau menggunakan software seperti folder lock. Nah untuk menambah pengentahuan sobat, saya mencoba share menyembunyikan file atau data sobat secara super hidden *wuuiiihh serem dah ah*, oke cekidot...

Tahap permulaan coba sobat buka command promp windows,
klik Start button-> select Run -> type "cmd" (Untuk win XP/2000/ME/98) klik ENTER
klik Start button-> type "cmd" in the seach box (Untuk Win 7) klik ENTER
"untuk win vista saya belum tau secara saya belum pernah memakai win vista hehehehe dan saya juga belum pernah mencoba trik ini di linux".

Tahap selanjutnya, ketiikan pada jendela command promp
1 ketikkan "cd path_of_your_file" contoh: "cd C:\123" (tanpa tanda kutip) untuk menuju letak file/data yang ingin kamu sembunyikan.
2 kemudian ketikkan "dir" (tanpa tanda kutip) untuk melihat isi file/data dalam folder tersebut.
3 Lalu ketikkan "attrib letak_folder +s +h" contoh "attrib C:\123 +s +h"(tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter. Nah lihatlah di windows explorer, file kamu akan hilang tersembunyi dengan seketika.

Jika ingin menampilkan file kamu lagi, caranyapun hampir sama. Kamu cukup ulangi point 1, 2, 3 bedanya hanya pada point ke-3, jika sebelumnya pada poin ke-3 kamu mengetikkan "attrib letak_folder +s +h" sekarang di ubah menjadi "attrib letak_folder -s -h" contoh "attrib C:\123 -s -h" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter. Nah lihatlah lagi di windows explorer, file kamu yang tadi tersembunyi dengan seketika akan tampil kembali. Cukup mudah bukan... semoga bermanfaat.

Jika kamu masih belum mengerti, mungkin kamu dapat melihat videonya prakteknya agar kamu dapat mudah memahami, silahkan klik disini

Nb: Kamu harus mengingat letak folder yang akan kamu sembunyikan, jika kamu lupa bisa dipastikan folder yang kamu sembunyikan tadi tidak akan bisa ditampilkan kembali, dan segala efek yang berdampak negatif atau merugikan akibat dari praktek postingan ini di luar tanggung jawab penulis, postingan ini hanya bersifat share pengetahuan :)

1 komentar:

Deny mengatakan...

Bagus kang.. kunjungi blog sya ya??:)

Poskan Komentar