Minuman yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terlebih negara kita (indonesia) merupakan negara penghasil teh terbaik. Seperti yang kita ketahui pada umumnya banyak sekali manfaat yang didapat dari teh, dan ternyata teh itu bermacam-macam jenisnya dan setiap jenis teh tersebut memiliki manfaat (khasiat) yang berbeda pula. Mari kita kenali jenis dan manfaat dari teh tersebut..

Umumnya teh mengandung senyawa polifenol, teanin, mineral dan alkaloid, vitamin C dan vitamin E, beta karoten ( ini yang baik untuk mengurangi radikal bebas, menghindari dari kanker, penyakit jantung dan penyakit degenerative dan banyak lainya) selain itu teh juga mengandung katekin( yaitu anti bakteri yang dapat mencegah plak dan karang gigi dan menurunkan kolesterol). Dan teh juga bisa mencegah penuan dini dan keriput dan lainya. Dan secara khusus setidaknya terdapat 5 (lima) jenis teh dengan manfaat yang berbeda-beda:

TEH HIJAU
Teh hijau atau yang sering kita kenal dengan nama green tea ini diperoleh dari pucuk daun teh segar yang mengalami pemanasan dengan uap air pada suhu tinggi. Jenis teh ini popular didaratan asia seperti jepang dan cina, teh ini juga sangat terkenal dinegara kita (Indonesia) selain karena manfaatnya yang dapat melawan kanker, Teh ini pun sangat baik untuk kecantikkan. Seperti: mencegah penuaan dini, melangsingkan tubuh dan detoksifikasi.

TEH HITAM
Teh hitam atau teh merah, merupakan jenis teh yang paling populah di ASIA. Proses oksidasi yang lebih lama dibanding teh lainnya, membuat teh hitam memiliki aroma yang sangat kuat. Dengan rutin mengkonsumsi teh ini 3 cangkir dalam sehari, teh ini dipercaya bermanfaat untuk menurunkan resiko kardiovaskuler (penyakit jantung, kolesterol, dan stroke) karena zat flavonoid quercetin, kaempfrol, dan myricetin ini dapat mencegah kerusakkan pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol.

TEH PUTIH
Teh putih atau teh albino merupakan pucuk daun teh yang selama masa pertumbuhannya dijaga dari sinar matahari. Tidak mengalami proses fermentasi, hanya di uapkan dan dikeringkan saja. Berwarna putih keperakkan dan sangat langka. Di percaya bahwa teh ini merupakan teh terbaik dari semua jenis teh. Karena harganya yang sangat mahal, teh ini dapat bermanfaat menekan sel kanker, obesitas, menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dan penyakit kulit, serta dapat melangsingkan tubuh.

TEH OLONG
Teh ini merupakan teh tradisional cina yang dikenal sebagai naga hitam atau ular hitam. Teh ini diperoleh dengan proses oksidasi dan sebagian fermentasi. Karena itu, pada bagian tepi teh ini berwarna merah berbeda dengan bagian tengahnya yang berwarna hijau. Dengan rasa yang sama seperti teh hijau, teh ini dipercaya berkhasiat untuk menurunkan berat badan, menyembuhkan dermatitis atau penyakit eksim, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan resiko penyakit kanker.

TEH HERBAL
Teh herbal atau teh tisane, teh ini tidak hanya terbuat dari daun teh saja melainkan juga terbuat dari akar, bunga, dan biji tumbuhan teh tersebut. Contoh yang terkenal dari teh ini adalah Chamomile, Hibiscuss atau Rosela dan bunga Krisant. Manfaatnya beragam, seperti pada Chamomile yang dapat memberikan efek relax dan meredakan nyeri haid. Teh jahe, yang bersifat menghangatkan tubuh dan lainnya.

Selain teh, masih banyak tumbuhan tradisional yang dapat dijadikan sebagai obat herbal dan tentunya jauh lebih aman dan berkhasiat dibanding obat-obatan kimia..

Semoga bermanfaat


0 komentar:

Poskan Komentar